Thursday, March 29, 2012

membedakan kerajinan tembaga dan kuningan

bagaimana membedakan kerajinan tembaga dan kuningan ?
sering kali kita ingin tau cara terbaik untuk bisa membedakan kerajinan kuningan dan tembaga, karena ke-2 logam tersebut hampir sama komposisinya.

logam tembaga

Tembaga adalah logam tua, Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik.Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.
Penggunaan tembaga dapat dilacak sampai 10,000 tahun yang lalu. Sebelum tembaga, diperkirakan hanya besi dan emas, logam yang terlebih dahulu digunakan manusia.
Menurut data tahun 2005, Chili merupakan penghasil tembaga terbesar di dunia, disusul oleh AS dan Indonesia. Tembaga dapat ditambang dengan metode tambang terbuka dan tambang bawah tanah.
Kandungan tembaga dinyatakan dalam % (persen). Jadi jika satu tambang berkadar 2,3%, berarti dari 100 kg bijih akan dihasilkan 2,3 kg tembaga.
sifat dan bentuk tembaga :
  • biasanya berwarna keputih putihan mengkilap
  • penghantar listrik yang baik

logam kuningan

Kuningan adalah paduan logam tembaga dan logam seng dengan kadar tembaga antara 60-96% massa. Dalam perdagangan dikenal 2 jenis kuningan, yaitu:

  • Kawat kuningan (brass wire) kadar tembaga antara 62-95%
  • Pipa kuningan (seamless brass tube) kadar tembaga antara 60-90% (Sumber: Dep.PU, 1985)
  • Plat kuningan (brass sheet) kadar tembaga antara 60-90%
Tembaga dalam kuningan membuat kuningan bersifat antiseptik, melewati efek oligodinamis. Contohnya, gagang pintu yang terbuat dari kuningan dapat mendisinfeksi diri dari banyak bakteri dalam waktu 8 jam.[1] Efek ini penting dalam rumah sakit, dan berguna dalam banyak konteks.membedakan kerajinan tembaga dan kuningan
sifat dan bentuk tembaga :
  • biasanya berwarna kekuning kuningan mengkilap
  • hampir mirip emas warnanya.

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Judul: membedakan kerajinan tembaga dan kuningan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kerajinan--tembaga.blogspot.com/2012/03/membedakan-kerajinan-tembaga-dan.html?m=0.Terimakasih, silahkan koment untuk kritik dan saran

1 comments:

siti nurhayati said...

Kami Sentra kerajinan tembaga yang bergerak di bidang Tembaga, Kuningan dan Alumunium dalam hal ini untuk pembuatan ornamen, logo, kaligrafi, bowl, patung dan lain-lain.

cheap car insurance refinance home topic bacaan :
membedakan kerajinan tembaga dan kuningan silakan comment beberapa kata:

Post a Comment