Tuesday, April 30, 2013

Hiburan Kesenian jawa : Wayang kulit

Hiburan Kesenian jawa Wayang kulit merupakan tinggalan leluhur kita, konon ini adalah peninggalan wali songo yaitu sunan kalijaga yang menyebarkan agam islam di jawa menggunakan kesenian rakyat ini. di bumbui ajaran keagamaan. bagi sebagian orang tua mungkin kehadiran sebagai hiburan yang cukup sensasional. bahkan rela di bela belain malam sampai dini hari nonton samapi subuh untuk melihat pentas wayang kulit ini. biasanya yang di tunggu yaitu pas acara GORO GORO wayang kulit.
Sudah lama juga penulis kerajinan--tembaga.blogspot.com tidak melihat acara wayang kulit ini karena. sekarang sudah jarang orang yang menanggap ( mengadakan acara) pentas wayang kulit ini. biasanya hanya instansi dan pemda yang mengadakan pentas seni seperti ini. diantara dalang dalang wayang yang terkenal seperti ki Suroto , warsino slenk, kentus, ki bagong, ki purwo dll. merupakan seniman wayang purwo ini,seperti kerajinan tembaga kesenian ini termasuk langka.
Berikut adalah video wayang di kabupaten nganjuk. tepatnya di alun alun nganjuk, walaupun suasana habis hujan lebat dan lapangan tempat pementasan basah dan becek, tapi animo masyarakat sana masih tinggi dan menonton wayang kulit tersebut.

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Judul: Hiburan Kesenian jawa : Wayang kulit
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kerajinan--tembaga.blogspot.com/2013/04/hiburan-kesenian-jawa-wayang-kulit.html.Terimakasih, silahkan koment untuk kritik dan saran

0 comments:

cheap car insurance refinance home topic bacaan :
Hiburan Kesenian jawa : Wayang kulit silakan comment beberapa kata:

Post a Comment